tipS mengurangi spam di email  

Kamis, 06 Desember 2007

Kesal, mungkin itu yang terlintas dipikiran anda ketika anda sudah cukup lama mendownload email dari ISP dan yang didapat hanyalah email-email aneh yang sebenarnya tidak diinginkan. Jumlahnya pun tidak hanya satu atau dua saja tapi bisa belasan bahkan puluhan dalam satu hari. Benar-benar menghabiskan waktu, uang dan bandwidth.

Email-email inilah yang disebut sebagai spam mail, atau email-email sampah. Saat ini banyak sekali bandwidth yang terbuang untuk mentransmisikan spam mail ini ke seluruh dunia. Tapi apa mau dikata, inilah konsekuensi dari internet yang bisa digunakan semua orang. Spam mail biasanya berisi promosi suatu barang, multi level marketing dan email berantai. Melihat dari isinya maka spam mail biasanya digunakan oleh bagian marketing dari suatu perusahaan baik perusahaan online atau perusahaan biasa untuk menawarkan produk atau jasanya. Sebut saja para marketer ini sebagai spammers. Di satu sisi memang cara ini tidak bisa disalahkan, karena memang internet boleh dipergunakan sebagai ajang promosi dan itu tugas para marketer tapi di sisi lain banyak pihak yang dirugikan, apalagi para pengguna yang tidak ingin mailboxnya dikotori oleh spam mail.

Biasanya para spammers mendapatkan alamat email anda dari suatu perusahaan atau kelompok yang menggunakan semacam software yang berfungsi sebagai robot untuk mengkoleksi alamat email dari Usenet, web directory, anggota ISP atau anggota mailing list.

Spam mail sudah menjadi musuh di internet dan sudah banyak pihak yang berusaha untuk menanganinya tapi bagaimanapun usaha itu tetap saja tidak ada suatu hukum yang melarang untuk melakukan ini. Bahkan ada perusahaan di web yang khusus bergerak di bidang spammers misalnya Cyber Promotion.

Melihat hal ini, kita tidak dapat bertindak banyak selain berusaha untuk mengurangi debit email yang sampai ke komputer kita. Apa yang bisa kita usahakan untuk mengurangi debit email ini ?

Menghapus email Anda dari daftar mailing spammers

Kalau anda memperhatikan isi dari spam mail yang diterima, mungkin ada beberapa diantaranya yang mencantumkan cara untuk menghapus alamat email anda dari daftar penerima spam. Apabila memang ada maka lakukanlah hal itu, jangan menunda-nunda. Mungkin ada diantaranya ada yang hanya dengan me-reply email yang dikirim atau menuliskan sesuatu di subject atau mengirimkan email ke suatu alamat tertentu.

Inilah salah satu cara yang paling mudah untuk mengurangi debit spam mail yang anda terima tapi jika memang dalam email tersebut tidak tercantum cara untuk menghapus maka perhatikan informasi lainnya, seperti alamat, telpon, fax dll yang dengan informasi itu setidaknya kita bisa menghubungi spammer tersebut.

AddThis Social Bookmark Button


 

gZd.ismyname